0

Network Monitoring Tool

Minggu, 03 Maret 2013


SoftPerfect Network Protocol Analyzer ~
Dalam hal monitoring jaringan komputer, tentu saja terdapat banyak tool atau aplikasi yang dapat digunakan, seperti SoftPerfect Network Protocol Analyzer , inSSIDer, Wireshark, NetTools, dan masih banyak lagi. Di mana aplikasi tersebut merupakan aplikasi freeware yang artinya dapat kita unduh dan pakai secara cuma-cuma. Dan pada posting-an kali ini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai aplikasi SoftPerfect Network Protocol Analyzer.
SoftPerfect Network Protocol Analyzer adalah alat profesional yang sederhana dan gratis yang dapat digunakan untuk menganalisis, debugging, pemeliharaan dan pemantauan jaringan lokal dan koneksi  internet. Tools ini menangkap data melewati koneksi dial-up atau kartu jaringan Ethernet, menganalisis data paket dan  kemudian  mengubah  dalam  bentuk  yang  mudah  dibaca. SNPA adalah alat yang berguna bagi administrator jaringan, spesialis keamanan, pengembang aplikasi jaringan dan siapa pun  yang  membutuhkan gambaran yang komprehensif  tentang  lalu lintas yang melewati koneksi jaringan atau segmen jaringan area lokal.
Aplikasi ini dapat menyajikan hasil analisis jaringan dalam format yang mudah digunakan dan mudah dimengerti. Hal ini juga memungkinkan anda untuk defragment dan mengumpulkan kembali paket  data ke jaringan. Serta mempunyai kemampuan menganalisa  lalu  lintas  jaringan  berdasarkan sejumlah protokol jaringan pada layer bawah OSI  layer  sebagai  berikut: AH, ARP, ESP, ICMP, ICMPv6, IGMP, IP, IPv6, IPX, LLC, MSG, REVARP, RIP, SAP, SER, SNAP, SPX, TCP dan UDP. Dan juga mendukung protokol layer atas OSI layer seperti HTTP, SMTP, POP, IMAP, FTP, TELNET dan lain-lain.
Sistemnya  fleksibel, bisa diatur, dan  dapat  digunakan  untuk  membuang  semua  lalu  lintas jaringan  kecuali pola lalu lintas tertentu yang anda inginkan untuk dianalisis. SNPA juga dilengkapi pembangun  paket. Alat ini memungkinkan anda untuk membangun paket jaringan anda sendiri dan mengirim paket tersebut ke jaringan. Anda bisa menggunakan fitur pembangun paket untuk memeriksa jaringan anda, untuk perlindungan terhadap serangan dan penyusup.
Perangkat  lunak  ini  memerlukan  Windows  2000/XP/2003/Vista/2008/Seven. Kedua sistem 32-bit dan 64-bit yang didukung. Hal ini juga memerlukan sambungan  jaringan, yang bisa berasal dari koneksi nirkabel, atau modem yang sesuai dengan standar NDIS.
Fitur Utama
1. Mampu menangkap semua paket jaringan.
2. Mengubah paket dan menampilkannya dalam format yang mudah dibaca.
3. Memungkinkan Anda membangun paket custom dan mengirim mereka ke jaringan.
4. Menawarkan  sistem  lalu  lintas  yang  fleksibel  dalam  penyaringan.  Filter  apapun  dapat menjadi inklusif atau eksklusif.
5. Merekonstruksi  paket  ke  jaringan  sehingga  Anda  dapat  dengan  mudah  melihat pertukaran data lengkap Telnet, POP3, SMTP, IMAP, FTP, HTTP dan protokol lainnya.
6. Memungkinkan Anda memonitor koneksi loopback dalam sistem.

Cara Instalasi :
Untuk memasang aplikasi ini pada perangkat komputer atau laptop anda hanya membutuhkan waktu singkat karena ini merupakan aplikasi sederhana dan cara penginstalannya seperti program-program pada umumnya.
1.       Pertama klik aplikasi SNPA yang telah terunduh.
2.       Lalu pilih “I accept the agreement” seperti pada gambar berikut :
3.       Kemudian pilih ke file directory yang anda ingin tuju.
4.       Untuk memulai pemasangan, klik tombol Install.
5.       Kemudian tunggu hingga proses penginstalasian selesai.
6.      Setelah proses instalasi selesai, lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk memulai proses monitoring jaringan caranya sama dengan tools lainnya, yaitu dengan memilih interface mana yang akan dianalisa, lalu klik tombol Start Capture.

Dalam penggunaannya, aplikasi ini mempunyai beberapa kapabilitas yang bisa diunggulkan daripada tools monitoring jaringan lainnya, yaitu dapat memonitor traffic flow analysis; melihat aktivitas yang sedang dilakukan oleh host; juga memiliki kemampuan untuk melihat apa saja protokol yang digunakan oleh host dan seberapa besar jumlahnya.

0 Responses to "Network Monitoring Tool"