0

METODOLOGI

Selasa, 17 Juni 2014



Dalam melaksanakan penelitian, para peneliti dapat memilih bermacam-macam metodologi. Metodologi merupakan kombinasi tertentu yang meliputi strategi, domain, dan teknik yang dipakai untuk mengembangkan teori (induksi) atau menguji teori (deduksi).( Buckley,1976)
Metodologi yang dipilih harus berhubungan erat dengan prosedur, alat, serta desain penelitian yang digunakan. Oleh Crawford (1928) metodologi penelitian dibagi menjadi 14 jenis yang dapat dikelompokkan dalam lima kelompok umum sebagai berikut : 

       1.       Metode sejarah
       2.       Metode deskripsi / survei :
·         metode survei
·         metode deskriptif  berkesambungan
·         metode studi kasus
·         metode analisis pekerjaan dan aktivitas
·         metode studi komperatif
·         metode studi waktu dan gerakan
       3.       Metode eksperimental
       4.       Metode grounded research 
       5.       Metode penelitian tindakan 

Secara harfiah, metodologi merupakan  uraian tentang cara kerja bersistem yang berfungsi memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang ditentukan. ( Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991).    
 
Metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah metode deskriptif, yaitu pencar ian fakta dengan interpretasi yang tepat ( Whitney,1960). Jenis penelitian deskriptif yang digunakan, meliputi : 
      Metode Survei 
Metode survei adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta. Dalam metode survei  juga dikerjakan evaluasi serta perbandingan terhadap hal-hal yang telah dikerjakan orang dalam efisiensi Tata Letak Fasilitas dan Sarana Proyek dalam Mendukung Metode Pekerjaan Kostruksi menangani masalah serupa sehingga hasilnya dapat digunakan dalam pembuatan rencana dan pengambilan keputusan di masa datang. Penyelidikan dilakukan dalam waktu yang bersamaan terhadap sejumlah individu atau unit, baik secara sensus maupun dengan menggunakan sample. 

Studi Kasus
Studi kasus adalah penelitian yang bertujuan memberikan gambaran secara mendetail tentang latar bela kang, sifat maupun karakter yang khas dari suatu kasus.

0 Responses to "METODOLOGI"