0

BAGAIMANA MENYUSUN KESIMPULAN DAN SARAN ?

Rabu, 18 Juni 2014



1.   Arti Kesimpulan  
Kesimpulan berasal dari fakta-fakta atau hubungan yang logis. Pada umumnya kesimpulan terdiri atas kesimpulan utama dan kesimpulan tambahan. Kesimpulan utama adalah yang berhubungan langsung dengan permasalahan. Dengan demikian, kesimpulan utama harus bertalian dengan pokok permasalahan dan dilengkapi oleh  bukti-bukti. Pada  kesimpulan tambahan, penulis tidak  mengaitkan pada  kesimpulan  utama,  tetapi tetap  menunjukkan fakta-fakta yang  mendasarinya.  Dengan  sendirinya, penulis  tidak dibenarkan menarik kesimpulan yang merupakan hal-hal baru, lebih-lebih jika dilakukan pada  kesimpulan  utama. Jika penulis bermaksud menyertakan data atau informasi  baru maka  hendaknya  dikonsentrasikan  pada bab-bab uraian dan bukannya pada kesimpulan. Pendek kata, kesimpulan adalah  berisi pembahasan tentang kesimpulan semata. 
Pada tulisan ilmiah dari hasil penelitian yang memerlukan hipotesis, maka pada kesimpulan utamanya  harus dijelaskan apakah hipotesis  yang diajukan memperlihatkan  kebenaran  atau  tidak.  Kesimpulan  utama pada tulisan ilmiah dari hasil penelitian yang memerlukan  hipotesis  tidaklah  sedetil  kesimpulan  yang  terdapat  pada  bab  analisis. Sebaliknya,  pada  tulisan  ilmiah  dari  hasil  penelitian  yang  tidak  memerlukan  hipotesis, maka  kesimpulan  merupakan  uraian  tentang  jawaban  penulis  atas  pertanyaan  yang diajukan pada bab pendahuluan. 

2.  Langkah-langkah Menyusun Kesimpulan dan Saran
Sebagai langkah pertama, penulis menguraikan garis besar permasalahan dan kemudian memberi ringkasan tentang segala sesuatu yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya. Pada langkah berikutnya, penulis  harus menghubungkan setiap kelompok data dengan permasalahan untuk sampai pada  kesimpulan tertentu.  Langkah terakhir dalam menyusun kesimpulan adalah menjelaskan mengenai arti dan akibat-akibat tertentu  dari kesimpulan-kesimpulan itu secara teoritik maupun praktis. 
Seusai  menutup  kesimpulan  penulis  dapat  memberikan saran  atau  rekomendasi guna penelitian lebih lanjut maupun saran-saran yang lebih praktis atau  berfaedah secara riel. Seperti  halnya Kesimpulan, dalam  menyusun  Saran  hendaknya  penulis  tidak menyarankan sesuatu yang tidak mempunyai dasar atau keterkaitan dengan pembahasan yang dikemukakan. Dengan  kata  lain, Saran  hanyalah  berisi  alternatif  yang diajukan penulis agar  permasalahan  yang  ada  dapat  dipecahkan  sebaik-baiknya  di  waktu mendatang.

                           (Oleh Dra. Endah Setyowati, M.Si dan Umi Proboyekti, S.Kom., MLIS)

0 Responses to "BAGAIMANA MENYUSUN KESIMPULAN DAN SARAN ?"