1. ANALISIS MELALUI
DISAIN PENELITIAN
PEMILIHAN
KERANGKA PIKIR KONSEPTUAL,
PERTANYAAN PENELITIAN, PARTISIPAN, KASUS
ITU SENDIRI, DAN METODE
MERUPAKAN BAGIAN PENTING
DALAM ANALISIS, KARENA DENGAN
PILIHAN INI BERARTI PENELITI TELAH:
- MEMFOKUSKAN PADA
HAL-HAL TERTENTU
- MENGGABUNGKAN
BEBERAPA HAL
-
MENYINGKIRKAN BEBERAPA FAKTOR, HUBUNGAN, DAN DATATERTENTU
- MEMILIH DAN
MEMPERHATIKAN HAL-HAL, HUBUNGAN, DAN DATA-DATA TERTENTU
OLEH KARENA ITU
PENELITIAN KUALITATIF MERUPAKAN PEKERJAAN YANG
KREATIF, TIDAK DAPAT
DIJIPLAK, KARENA MENURUT INTERPRETASI TIAP-TIAP PENELITI.
2. INTERIM ANALYSIS
(ANALISIS SEMENTARA)
PENGUMPULAN DATA DAN
ANALISIS BERLANGSUNG SELAMA PENELITIAN
DAN MEMUNGKINKAN PERUBAHAN PADA SAAT-SAAT YANG BERBEDA
KEUNTUNGAN:
• KESALAHAN DAPAT
DIPERBAIKI PADA SAAT BERIKUTNYA, JADI SELALU ADA KESEMPATAN
KE DUA
• PERUBAHAN PADA
PROTOKOL OBSERVASI DAN JADWAL
WAWANCARA MENGGAMBARKAN PENGERTIAN PENELITI
TERHADAP SETTING (MEMPERKUAT INTERNAL VALIDITY).
KERUGIAN:
PENELITI DIHADAPKAN PADA
MASALAH UNTUK MENGURANGI DATA
TETAPI MASIH MENGUMPULKAN DATA
3. LITERATIVE
RESEARCH
UNTUK
MEMBANGUN TEORI, PENELITIAN
KUALITATIF (GROUNDED THEORY) MENGIKUTI
SIKLUS BERTANYA –MENJAWAB YANG
TERUS MENERUS. JADI ANALISIS MULAI
DARI YANG MASIH
BELUM BERATURAN SAMPAI PENELITI
MULAI MEMAHAMI/MENGENAL SITUASI YANG DITELITINYA
DALAM PENELITIAN YANG
DIARAHKAN OLEH TEORI TERTENTU PENELITI
BUTUH WAKTU UNTUK
DAPAT MENEMUKAN SEJAUH MANA
TEORINYA BERLAKU DI LAPANGAN.
TAHAP-TAHAP ANALISIS
1. MENCATAT POLA-POLA DAN TEMA-TEMA
2. MELIHAT KEMUNGKINAN KEBENARAN
3. MENGELOMPOKKAN BERDASARKAN KONSEP
4. MELIHAT HUBUNGAN
5. INTEGRASI DARI BERBAGAI DATA
6. MENGHITUNG UNTUK MELIHAT APA YANG ADA
7. MEMBUAT
PERBANDINGAN UNTUK MELIHAT PERSAMAAN DAN PERBEDAAN
8. MELIHAT DATA SECARA KESELURUHAN
9. MELIHAT FAKTOR-FAKTOR YANG ADA
10. MELIHAT FREKUENSI
11. MENCATAT HUBUNGAN ANTARA BERBAGAI HAL
12. MENEMUKAN HAL-HAL PERANTARA
13. MEMBANGUN RANTAI YANG LOGIS
14.
MEMBANDINGKAN DENGAN KONSEP
YANG ADA DI TEORI
BEBERAPA ALTERNATIF DARI KONSTRUKSI TEORI
a. GRAND
THEORY : SUATU KUMPULAN DARI
BEBERAPA KONSTRUK BESAR
b. MAP
: BERTUJUAN UNTUK
MENGGENERALISASIKAN CERITA TENTANG SUATU KASUS
c. POLA
DARI PERISTIWA-PERISTIWA YG
DIRAMALKAN UNTUK DIBANDINGKAN DENGAN
YANG DIOBSERVASI SECARA NYATA
d. SUATU
MODEL SEJUMLAH PROPOSISI
YANG BERHUBUNGAN, YANG MENUNJUKKAN
HAL-HAL YANG BERKAITAN ATAU
SECARA HIERARKIS ANTAR KOMPONEN
e. SUATU
NETWORK DARI HUBUNGAN
YANG TIDAK HIERARKIS DIEKSPRESIKAN
MELALUI
PERNYATAAN-PERNYATAAN YANG MENUNJUKKAN
HUBUNGAN ANTAR KONSEP
PANDANGAN TERHADAP KAUSALITAS
A. KAUSALITAS
BERKAITAN DENGAN WAKTU
SEBAGAI BAGIAN DARI PENJELASAN
PERISTIWA TERDAHULU, DIASUMSIKAN MEMPUNYAI
HUBUNGAN YANG JELAS ATAU TIDAK DENGAN PERISTIWA SELANJUTNYA
B. KAUSALITAS BERSIFAT LOKAL
C. KAUSALITAS TIDAK DAPAT DITENTUKAN DENGAN
PASTI
·
TEMPORAL (A SEBELUM B)
·
HUBUNGAN KONSTAN (BILA A SELALU B)
·
HUBUNGAN PENGARUH (KEMUNGKINAN HUBUNGAN
A & B)
·
KEKUATAN
DARI HUBUNGAN (B
LEBIH BERHUBUNGAN DENGAN A
DARIPADA YANG LAIN)
·
BIOLOGICAL GRADIENT (BILA LEBIH A MAKA
LEBIH B)
·
KOHEREN
(HUB A-B SESUAI
DENGAN HAL-HAL LAIN TENTANG A DAN B)
·
ANALOGI (HUBUNGAN A-B MIRIP DENGAN
HUBUNGAN C-D)
d. SELALU
ADA BANYAK PENYEBAB
DAN SALING MEMPENGARUHI SEPERTI
NETWORK
E. MENELITI
KAUSALITAS SELALU BERHUBUNGAN
DENGAN RETROSPEKTIF
4. WITHIN CASE
ANALYSIS
ADA DUA TAHAP PENGERTIAN TERHADAP SUATU GEJALA:
1. DESKRIPTIF: APA YANG
TERJADI DAN BAGAIMANA PROSESNYA
2. EKSPLANASI:
- MENGAPA SESUATU
TERJADI, MEMBERI INFORMASI, JUSTIFIKASI/ALASAN DAN
MENDUKUNG SUATU PERNYATAAN ATAU
MEMBUAT PENJELASAN SEBAB AKIBAT
- TERGANTUNG
PADA KONDIS DAN KONTEKS, TIDAK MENYELURUH/PARTIAL, TIDAK KONKLUSIF DAN TIDAK MEMASTIKAN
PENERAPANNYA
PERAN
TEORI DALAM WITHIN CASE ANALYSIS
SUATU KESIMPULAN MENUNJUKKAN BAHWA:
1. PENELITI TELAH
MENGEMBANGKAN ATAU MENGUJI SUATU TEORI
2. SEMUA
DATA YANG RELEVAN TELAH DITELITI DAN DATA YANG TIDAK RELEVAN DIBUANG
3. TERDAPAT DIALOG
YANG MANTAP DAN
TERBUKA ANTARA GAGASAN-GAGASAN DENGAN BUKTI-BUKTI
PANDANGAN
KLASIK
TEORI
YANG YANG BAIK:
- MEMPUNYAI
KATEGORI-KATEGORI YANG SESUAI DENGAN DATA
- RELEVAN TERHADAP INTI DARI APA YANG TERJADI
- DAPAT DIGUNAKAN UNTUK
MENJELASKAN, MERAMALKAN DAN MENGINTERPRETASIKAN APA
YANG TERJADI
- DAPAT DIMODIFIKASI
KENYATAAN
- TEORI
YANG SAMA DAPAT
MEMBERIKAN FOKUS YANG BERBEDA
TERHADAP MASALAH YANG
SAMA BILA DIPAKAI OLEH ORANG YANG
BERBEDA
- BATASAN
ANTARA TEORI DAN
DATA DAPAT BERUBAH, KARENA FAKTA
YANG DITEMUKAN OLEH SESEORANG TELAH MELAMPAUI BANYAK TAHAP
INTERPRETASI
- PENELITI
KUALITATIF HARUS MENGERTI
BAGAIMANA MEREKA MENYUSUN TEORI
KARENA AKAN MEMPENGARUHI PENGUMPULAN
DATA, REDUKSI DATA, PENAMPILAN DATA, DAN KESIMPULAN/VERIFIKASI.
0 Responses to "CARA MENGANALISIS"
Posting Komentar