0

CARA MENGANALISIS

Rabu, 18 Juni 2014



1.  ANALISIS MELALUI DISAIN PENELITIAN
PEMILIHAN  KERANGKA  PIKIR  KONSEPTUAL,  PERTANYAAN PENELITIAN,  PARTISIPAN,  KASUS  ITU  SENDIRI,  DAN METODE  MERUPAKAN  BAGIAN  PENTING  DALAM  ANALISIS, KARENA DENGAN PILIHAN INI BERARTI PENELITI TELAH:
-  MEMFOKUSKAN PADA HAL-HAL TERTENTU
-  MENGGABUNGKAN BEBERAPA HAL
-  MENYINGKIRKAN BEBERAPA FAKTOR, HUBUNGAN, DAN DATATERTENTU
-  MEMILIH  DAN  MEMPERHATIKAN  HAL-HAL,  HUBUNGAN, DAN DATA-DATA TERTENTU

OLEH  KARENA  ITU  PENELITIAN  KUALITATIF  MERUPAKAN PEKERJAAN  YANG  KREATIF,  TIDAK  DAPAT  DIJIPLAK, KARENA MENURUT INTERPRETASI TIAP-TIAP PENELITI.

2.  INTERIM ANALYSIS (ANALISIS SEMENTARA)
PENGUMPULAN  DATA  DAN  ANALISIS  BERLANGSUNG SELAMA  PENELITIAN  DAN  MEMUNGKINKAN  PERUBAHAN PADA SAAT-SAAT YANG BERBEDA
KEUNTUNGAN:
• KESALAHAN  DAPAT  DIPERBAIKI  PADA  SAAT BERIKUTNYA, JADI SELALU ADA KESEMPATAN KE DUA
  PERUBAHAN  PADA  PROTOKOL  OBSERVASI  DAN JADWAL  WAWANCARA  MENGGAMBARKAN PENGERTIAN  PENELITI  TERHADAP  SETTING  (MEMPERKUAT INTERNAL VALIDITY). 
KERUGIAN:
PENELITI  DIHADAPKAN  PADA  MASALAH  UNTUK MENGURANGI DATA TETAPI MASIH MENGUMPULKAN DATA  

3.  LITERATIVE RESEARCH
UNTUK  MEMBANGUN  TEORI,  PENELITIAN  KUALITATIF (GROUNDED    THEORY) MENGIKUTI  SIKLUS  BERTANYA –MENJAWAB YANG TERUS MENERUS. JADI  ANALISIS  MULAI  DARI  YANG  MASIH  BELUM BERATURAN  SAMPAI  PENELITI  MULAI MEMAHAMI/MENGENAL SITUASI YANG DITELITINYA
DALAM  PENELITIAN  YANG  DIARAHKAN  OLEH  TEORI TERTENTU  PENELITI  BUTUH  WAKTU  UNTUK  DAPAT MENEMUKAN  SEJAUH  MANA  TEORINYA  BERLAKU  DI LAPANGAN.
TAHAP-TAHAP ANALISIS
1.  MENCATAT POLA-POLA DAN TEMA-TEMA
2.  MELIHAT KEMUNGKINAN KEBENARAN
3.  MENGELOMPOKKAN BERDASARKAN KONSEP
4.  MELIHAT HUBUNGAN
5.  INTEGRASI DARI BERBAGAI DATA
6.  MENGHITUNG UNTUK MELIHAT APA YANG ADA
7.  MEMBUAT  PERBANDINGAN  UNTUK  MELIHAT PERSAMAAN DAN PERBEDAAN
8.  MELIHAT DATA SECARA KESELURUHAN
9.  MELIHAT FAKTOR-FAKTOR YANG ADA
10.  MELIHAT FREKUENSI
11.  MENCATAT HUBUNGAN ANTARA BERBAGAI HAL
12.  MENEMUKAN HAL-HAL PERANTARA
13.  MEMBANGUN RANTAI YANG LOGIS
14.  MEMBANDINGKAN  DENGAN  KONSEP  YANG  ADA  DI TEORI

BEBERAPA ALTERNATIF DARI KONSTRUKSI TEORI
a.  GRAND  THEORY  :  SUATU  KUMPULAN  DARI  BEBERAPA KONSTRUK BESAR
b.  MAP  :  BERTUJUAN  UNTUK  MENGGENERALISASIKAN CERITA TENTANG SUATU KASUS
c.  POLA  DARI  PERISTIWA-PERISTIWA  YG  DIRAMALKAN UNTUK  DIBANDINGKAN  DENGAN  YANG DIOBSERVASI SECARA NYATA
d.  SUATU  MODEL  SEJUMLAH  PROPOSISI  YANG BERHUBUNGAN,  YANG  MENUNJUKKAN  HAL-HAL  YANG BERKAITAN  ATAU  SECARA  HIERARKIS  ANTAR KOMPONEN
e.  SUATU  NETWORK  DARI  HUBUNGAN  YANG  TIDAK HIERARKIS  DIEKSPRESIKAN  MELALUI  PERNYATAAN-PERNYATAAN  YANG  MENUNJUKKAN  HUBUNGAN  ANTAR KONSEP
PANDANGAN TERHADAP KAUSALITAS
A.  KAUSALITAS  BERKAITAN  DENGAN  WAKTU  SEBAGAI BAGIAN  DARI  PENJELASAN  PERISTIWA  TERDAHULU, DIASUMSIKAN  MEMPUNYAI  HUBUNGAN YANG  JELAS  ATAU TIDAK DENGAN PERISTIWA SELANJUTNYA
B.  KAUSALITAS BERSIFAT LOKAL
C.  KAUSALITAS TIDAK DAPAT DITENTUKAN DENGAN PASTI
·      TEMPORAL (A SEBELUM B)
·      HUBUNGAN KONSTAN (BILA A SELALU B)
·      HUBUNGAN PENGARUH (KEMUNGKINAN HUBUNGAN A & B)
·      KEKUATAN  DARI  HUBUNGAN  (B  LEBIH  BERHUBUNGAN DENGAN A DARIPADA YANG LAIN)
·      BIOLOGICAL GRADIENT (BILA LEBIH A MAKA LEBIH B)
·      KOHEREN  (HUB  A-B  SESUAI  DENGAN  HAL-HAL  LAIN TENTANG A DAN B)
·      ANALOGI (HUBUNGAN A-B MIRIP DENGAN HUBUNGAN C-D)
d.  SELALU  ADA  BANYAK  PENYEBAB  DAN  SALING MEMPENGARUHI SEPERTI NETWORK
E.  MENELITI  KAUSALITAS  SELALU  BERHUBUNGAN  DENGAN RETROSPEKTIF

4.  WITHIN CASE ANALYSIS  
ADA DUA TAHAP PENGERTIAN TERHADAP SUATU GEJALA:
1.  DESKRIPTIF:  APA  YANG  TERJADI  DAN  BAGAIMANA PROSESNYA
2.  EKSPLANASI:
-        MENGAPA  SESUATU  TERJADI,  MEMBERI  INFORMASI, JUSTIFIKASI/ALASAN  DAN    MENDUKUNG  SUATU PERNYATAAN  ATAU  MEMBUAT  PENJELASAN  SEBAB AKIBAT
-        TERGANTUNG PADA KONDIS DAN KONTEKS, TIDAK MENYELURUH/PARTIAL, TIDAK KONKLUSIF DAN TIDAK MEMASTIKAN PENERAPANNYA

PERAN TEORI DALAM WITHIN CASE ANALYSIS
SUATU KESIMPULAN MENUNJUKKAN BAHWA:
1.  PENELITI  TELAH  MENGEMBANGKAN  ATAU  MENGUJI SUATU TEORI
2.  SEMUA DATA YANG RELEVAN TELAH DITELITI DAN DATA YANG TIDAK RELEVAN DIBUANG
3.  TERDAPAT  DIALOG  YANG  MANTAP  DAN  TERBUKA ANTARA GAGASAN-GAGASAN DENGAN BUKTI-BUKTI

PANDANGAN KLASIK
TEORI YANG YANG BAIK:
-  MEMPUNYAI  KATEGORI-KATEGORI  YANG  SESUAI DENGAN DATA
-  RELEVAN TERHADAP INTI DARI APA YANG TERJADI
-  DAPAT  DIGUNAKAN  UNTUK  MENJELASKAN, MERAMALKAN  DAN  MENGINTERPRETASIKAN  APA  YANG TERJADI
-  DAPAT DIMODIFIKASI

KENYATAAN
- TEORI  YANG  SAMA  DAPAT  MEMBERIKAN  FOKUS  YANG BERBEDA  TERHADAP  MASALAH  YANG  SAMA  BILA DIPAKAI OLEH ORANG YANG BERBEDA
- BATASAN  ANTARA  TEORI  DAN  DATA  DAPAT  BERUBAH, KARENA  FAKTA  YANG  DITEMUKAN  OLEH   SESEORANG TELAH MELAMPAUI BANYAK TAHAP INTERPRETASI
- PENELITI  KUALITATIF  HARUS  MENGERTI  BAGAIMANA MEREKA  MENYUSUN  TEORI  KARENA  AKAN MEMPENGARUHI PENGUMPULAN DATA, REDUKSI DATA, PENAMPILAN DATA, DAN KESIMPULAN/VERIFIKASI.


0 Responses to "CARA MENGANALISIS"